Kisi-Kisi SKL UN 2012/ 2013

Saturday, November 24, 2012

Kisi-Kisi SKL UN 2013/2014. Pelaksanaan ujian nasional untuk tingkat SD, SMP dan SMA yang akan diadakan sekitar bulan April 2013 patut mendapatkan perhatian sejak sekarang. Ujian nasional bukan hanya tentang bagaimana lulus dari level sekolah untuk kemudian melanjutkan ke level berikutnya. Tapi ujian nasional juga menyangkut tentang kejujuran, integritas, kerja keras, tanggung jawab dan juga 'gengsi'. Ujian Nasional yang telah dari tahun-tahun sebelumnya ditanggapi miring oleh berbagai pihak masih dianggap sebagai media efektif untuk mengukur keberhasilan pembelajaran di sekolah.
Karenanya, pemerintah masih akan tetap melaksanakan ujian nasional ini secara serempak di seluruh wilayah Indonesia. 
Untuk mengurangi tingginya tingkat kecemasan siswa dan orang tua siswa, pemerintah mengambil langkah cepat dengan janji akan memberikan kisi-kisi Soal UN 2013 lebih awal. Jika pada tahun sebelumnya kisi-kisi UN disosialisasikan pada akhir bulan November, tahun ini kisi-kisi akan disosialisasikan lebih cepat yakni pada bulan Oktober.
Kisi-Kisi UN 2013 menjadi patokan dasar bagi BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) untuk menyusun soal-soal yang akan diujikan. Mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA, semua jenis soal yang keluar tidak pernah jauh dari kisi-kisi yang telah diberikan.
Sebagai contoh, pada tahun sebelumnya salah seorang orang tua siswa mempelajari kisi-kisi UN 2012 dengan bimbingan sebuah ebook dari seorang pakar pendidikan. Hasilnya, anaknya mendapatkan nilai sempurna pada ujian nasional SD. Matematikanya dapat 10. Bukan main!
Sebenarnya kita tidak perlu terlalu repot mencari dan membuat prediksi soal jika sudah mempelajari dengan baik kisi-kisi yang diberikan. Apalagi jika mempunyai kesempatan untuk mengkaji jenis soal yang muncul dari tahun-tahun sebelumnya. Secara logika, jenis soal yang dibuat oleh pemerintah dalam hal ini kementrian pendidikan tidak akan jauh berbeda. Layaknya perkembangan kurikulum pembelajaran di kelas yang juga tidak terlampau berubah.

UPDATE

Download Kisi-Kisi SKL UN SMP SMA SMK 2012/2013 KLIK DI SINI (sklun2013.files.wordpress.com/2012/11/kisi-kisi-smp-smasmk-plb-tahun-2012-2013.pdf)
Download Kisi-Kisi SKL UN SD 2012/2013 KLIK DI SINI (sklun2013.files.wordpress.com/2012/11/kisi-kisi-sdmi-sdlb-tahun-2012-2013.pdf)

0 comments:

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

  © Blogger template The Beach by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP